Let’s Green!

go greenBandung (karantinaonline) – Tahukah Anda, ternyata konsumsi kertas kita turut menyebabkan punahnya hutan beserta flora dan fauna di dalamnya.

Hal tersebut berdampak pada naiknmya jumlah emisi gas rumah kaca yang dilepaskan ke atmosfer. 74% dari total emisi gas rumah kaca Indonesia (tahun 1994) dihasilkan dari kegiatan penebangan dan kebakaran hutan (www.wwf.or.id). WWF Indonesia menyebutkan bahwa pada tahun 2005, konsumsi kertas di Indonesia mencapai 5,6 juta ton, jumlah tersebut dapat diartikan bahwa dibutuhkan tidak kurang dari 22,4 juta hektar kubik kayu untuk memproduksinya.

Pemerintah sebagai salah satu konsumen kertas, tentu turut mengambil bagian dalam upaya mengurangi dampak penggunaan kertas tersebut. Menilai efektifitas dan efisiensi penggunaan kertas baik hal pelayanan masyarakat maupun kinerja instansi. Badan Karantina Pertanian melalui UPT di seluruh wilayah Indonesia menginstruksikan bahwa peningkatan pelayanan yang dibarengi dengan sikap ramah lingkungan. Salah satu program yang harus kita dukung adalah sistem pengajuan permohonan pemeriksaan karantina secara online atau sering disebut PPK Online.

Ir. Yanni P Pandji menjelaskan bahwa “sistem yang telah ada akan dioptimalkan guna meningkatkan pelayanan serta efektifitas, efisiensi kegiatan karantina”. Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Bandung merencanakan dan mempersiapkan aspek teknis guna percepatan penggunaan PPK Online dalam mengajukan pemeriksaan karantina. “PPK Online harus run in smester pertama 2013 ini” tambahnya.qfk

Your choice, let’s go green now!

Add comment


Security code
Refresh