Menanamkan Kepedulian Anak

sosialisasi karantinaBandung (karantinaonline) – Indonesia secara umum memiliki potesi sumber daya alam yang subur, terutama dibidang pertanian dan peternakan.

Jawa Barat sebagai wilayah dengan curah hujan yang merata menyebabkan daerah ini sebagai salah satu sentra pertanian tanaman pangan, holtikultura, palawija serta peternakan. Karantina pertanian sebagai “Benteng Terdepan Pertanian Indonesia” memiliki posisi yang strategis dalam mengamankan sumber daya alam hayati dari invasi OPTK & HPHK. Kegiatan bulan bakti karantina pertanian merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan sebagai media sosialisasi kepada masyarakat umum. “Sasaran utama kegiatan Bulan Bakti Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Bandung adalah menumbuhkan rasa handarbeni atau rasa memiliki atas kekayaan alam yang dimiliki sehingga timbul kepedulian untuk melindungi, terutama bagi kalangan muda kita” papar Kepala UPT SKP Kls I Bandung Bp. H. Hom Hom, SP., MP..

Acara diisi dengan pemaparan dari narasumber, diskusi aktif, wawancara dan pameran koleksi media pembawa. Antusiasme 300 siswa-siswi sekolah menengah atas tersebut terlihat dari berbagai pertanyaan yang disampaikan, tidak hanya siswa, namun para guru juga aktif dalam kegiatan tersebut. “Kegiatan seperti ini adalah salah satu kegiatan belajar aktif yang bermanfaat bagi pengenalan siswa-siswi pada instansi pemerintah terutama tentang pentingnya peran karatina pertanian dalam pengawasan dan perlindungan terhadap sumber daya alam hayati” tutur salah satu peserta. Rasa keingin tahuan peserta tentang peran karantina sangat tinggi, hal tersebut terlihat dari jumlah pertanyaan dan antusiasme peserta, sehingga banyak pertanyaan yang belum sempat terjawab, “mengapa flu burung dapat masuk ke Indonesia, apakah karena kurangnya pengawasan oleh karantina pertanian?” demikian salah satu pertanyaan dari peserta. Selain kegiatan diskusi, peserta juga dapat melihat pameran koleksi media pembawa serta kunjungan ke laboratorium SKP Kls I Bandung (5/6).qfk

Add comment


Security code
Refresh