In House Training POPT

pelatihanBANDUNG, KARANTINAONLINE – Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Bandung menyelenggarakan acara in house training bagi petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (6/9). Acara tersebut melibatkan dosen dari UNPAD jurusan Hama Penyakit Tumbuhan.

Dalam sambutan yang disampaikan sebelum acara berlangsung, Ka. UPT H. Hom Hom, SP., MP. menyampaikan bahwa upgrade ilmu pengetahuan dan metode analisa terhadap OPTK bagi petugas POPT adalah wajib hukumnya, karena hal tersebut adalah inti dari tugas pokok dan fungsi (tupoksi) karantina pertanian. Acara yang dilaksanakan selama sehari tersebut meliputi materi dan praktik identifikasi Trogoderma sp. dan Sitophilus sp., lebih spesifik identifikasi tersebut bertujuan untuk mambandingkan spesies dalam genus tersebut dengan Trogoderma granarium dan Sitophilus granarius yang merupakan OPTK A1 (belum ada di Indonesia). Pelatihan dilaksanakan di ruang seminar SKP Kls I Bandung yang diikuti oleh seluruh petugas POPT SKP Kls I Bandung.

Dr. Sudrajat, Ir., MP. beserta tim dari UNPAD memberikan pemahaman secara teori dan praktik tentang metode identifikasi yang tepat untuk saat ini. Kegiatan in house training tersebut dilengkapi dengan peralatan mikroskop bagi peserta. “Kami memerlukan identifikasi yang cepat dan akurat dilapangan, guna menentukan tindakan karantina yang akan diambil. Sehingga selain dukungan kemampuan sdm yang handal, alat bantu deteksi sangat diperlukan guna meneguhkan keputusan yang diambil” ungkap Ahmad Daud, SP. salah satu peserta.qfk

Add comment


Security code
Refresh